Sabtu, 20 November 2010

Contoh Teks Pidato Pelestarian Budaya

PIDATO PELESTARIAN BUDAYA
Oleh : Briantama Yanuar Ridwan

Assalamualaikum Wr.Wb
Yang terhormat Ibu Kepala SMP N Tunggal Harapan, yang terhormat para bapak / ibu serta karyawan sekolah serta teman – teman Tunggal Harapan yang kami banggakan.
Pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang selalu melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga kita semua masih dapat berkumpul bersama untuk memperingati hari yang amat penting ini yaitu untuk memperingati budaya Indonesia.Dan tanpa kasih dan karunia-Nya, kita tidak dapat menyelenggarakan acara ini.
Tanpa kita sadari, negara kita memiliki kebudayaan yang cukup banyak dan menarik.Dari ujung Pulau Sumatera sampai Pulau Papua-pun banyak kebudayaan yang cukup menarik bagi bangsa ini.Sayangnya, banyak dari kita yang tidak mengetahui sebenarnya kebudayaan apa saja yang kita miliki.ditambah lagi roda dunia yang terus berputar.Jika kita tidak memelihara kebudayaan yang kita miliki, bisa jadi kebudayaan kita menghilang dan diakui negara lain.
Dalam ikrar Sumpah Pemuda dijelaskan bahwa putra – putri Indonesia siap bertanah air, berbangsa dan Berbahasa Indonesia.Jika kita jelaskan dari ikrar Sumpah Pemuda yang membahas tentang Tanah Air, sudah jelas jika Tanah Air kita Tanah Air Indonesia.Indonesia kaya akan budaya.Budaya sebenarnya sangat diterima oleh masyarakat.Tetapi apa nyatanya ?Budaya kita terus menghilang dan menghilang.
Bahkan, pada era globalisasi ini, kebudayaan yang terdapat di Indonesia bukan mengacu pada kebudayaan yang sifatnya positif, tetapi mengacu pada kebudayaan yang berbau negatif.Di sekitar kita banyak siswa yang sering minum – minuman keras, merokok, bahkan tawuran.Hal yang berbau negatif itu seperti sajian utama bagi yang melakukannya.Dan perlu diketahui bahwa hal tersebut sudah menyebar ke Seluruh Indonesia dari sekolah biasa sampai sekolah unggulan di daerahnya.
Hadirin yang saya hormati,
Sebenarnya kebudayaan yang kita miliki juga bisa digunakan untuk proses pembelajaran, khususnya untuk pelajaran PKn, IPS, Seni budaya, dan muatan lokal Bahasa Daerah.Kebudayaan juga sangat penting untuk forum internasional, seperti pertukaran pelajar, pertukaran budaya, ajang budaya internasional, dan sebagainya.Kebudayaan juga bisa digunakan untuk pembelajaran tata krama.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kita terutama generasi muda saat ini harus melestarikan budaya kita sendiri agar tidak seperti yang dijelaskan tadi bahwa budaya dapat menghilang dan juga dapat dihilangkan.
Hadirin yang saya muliakan,
Harapan saya agar budaya terus lestari sampai akhir hayat ini agar anak cucu kita dapat merasakan / mengetahui kebudayaan kita. Lestarikan budaya kita sebagai wujud syukur kita kepada Sang Maha Pencipta. Berikan hak-hak anak cucu kita berupa budaya yang menarik untuk kelangsungan hidup segenap komponen nusa dan bangsa.
Cukup sekian pidato dari saya.Mohon maaf apabila dalam pidato ini terdapat hal – hal yang kurang berkenan di hati anda.Akhirnya tiada kata yang paling tepat selain ucapan terima kasih kepada anda semua.Ada pantun yang mengatakan Jika ada sumur di ladang, boleh kita menumpang mandi, dan jikalau ada umur panjang, boleh kita berjumpa lagi.
Wassalamualaikum Wr.Wb.
Merdeka !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar